Harminosasi "What The Hell-Avril Lavigne"

♠ Posted by Aryni Ayu in at 19.07
Single of The Day: Avril Lavigne – What The Hell
January 25th, 2011

Seorang die-hard-fans mungkin akan melihat single ini dari banyak perspektif. Bagi mereka yang sudah ter-summon dengan girl power yang ditawarkan oleh Avril Lavigne di track Girlfriend mungkin akan bersuka cita dengan single What The Hell. Dengan balutan dan repetisi musik yang sangat catchy, lirik yang sangat simple membuatnya sangat mudah untuk stuck dikepala. Hasilnya? Sebuah track yang sing a long kapanpun dan dimanapun.

Tapi apa kabarnya bagi mereka yang telah mengenal Avril dari era Sk8er Boi? Apakah dia memang masih orang yang sama, yang bisa berteriak seenaknya dan berbuat sebengal mungkin. Bahwa dia yang musiknya telah berubah menjadi dewasa dan penuh emosi di Under My Skin. Tetapi rasanya ketika mendengarkan track ini, seperti kembali ke masa lalu dan membuat semua perjalanan emosi menjadi sia-sia.
Sebutlah nama Max Martin yang menjadi produser untuk track ini. Dia yang menentukan ketika Avril pada saat ini lebih didominasi oleh sound yang sangat pop rock dimana-mana. Tapi jangan salah, ketika anda mencermati lebih teliti, ada beberapa layer sound yang sangat rapi. Semuanya pelan-pelan bergabung dengan vokal Avril yang tentu saja sangat kuat dan mampu berbaur dengan layer-layer musik tersebut.
Dengan durasi 3. 55 menit kita akan disuguhi musik yang penuh dengan semangat dari awal sampai akhir. Tidak perlu lama menikmati intro dari track ini, kita akan langsung ditarik kedalam cerita tentang kebebasan. Bagian terbaiknya tentu saja pada bagian refrain ketika Avril mengajak kita untuk menjadi pede dalam sebuah hubungan yang telah berakhir. Ini yang menjadi ikatan pada track-track pada album pertama. Bagaimana sifat bengal dan easy going menjadi type solid yang telah menjadi trademarknya tetap terbawa. Lirik favorit? If you love me/ If you hate me/ You can’t save me/ Baby, baby/ All my life I’ve been good.

Bagaimana performa track ini di chart dunia? Sebuah strategi marketing yang menarik. Dengan membiarkan para fans Avril mengunduh track ini secara gratis selama 48 jam di akun Facebook miliknya. Hasilnya pun tidak meragukan. Dengan langsung debut di posisi 6 US Billboard Hot Digital Songs dan peak di posisi 13 chart US Billboard Top 100. Tapi jangan salah, yang menjadi massive fans Avril bukan hanya di Amerika saja. Eropa dan Asia merupakan daerah dimana mereka yang terkenal dengan basis massa yang sangat menggemari Punk Princess ini.

Single ini resmi dirilis pada tanggal 10 Januari 2011. Mencoba peruntungan di tahun yang baru. Seakan-akan inilah speech of freedom nya setelah lepas dari masalah perceraian. Berharap sajalah bahwa track ini memang hanya sebagai tester, bahwa musik Avril masih bisa membuat orang kecanduan. Bahwa nanti kita akan menemukan banyak track yang emosi dan kuat darinya.

0 komentar:

Poskan Komentar