Sebuah Opini: JURNAL ILMIAH SEBAGAI SYARAT LULUS S1

♠ Posted by Aryni Ayu in at 04.12
Surat Dirjen Dikti Kemendiknas tertanggal 27 Januari 2012 tentang publikasi karya ilmiah untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 sebagai syarat kelulusan yang berlaku mulai Agustus 2012 terkesan terburu-buru tanpa ada persiapan sebelumnya. Dalam surat keputusan tersebut tercatat bahwa program S1 harus ada makalah yang terbit di jurnal ilmiah, program S2 harus ada makalah yang terbit di jurnal ilmiah terakreditasi Dikti, sedangkan program S3 harus ada makalah yang terbit di jurnal internasional.

Berita ini tentunya mengagetkan beribu-ribu mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia. Keberadaan jurnal ilmiah di Indonesia yang terhitung hanya sekitar 2000-an sementara mahasiswa Indonesia yang begitu banyak apakah sudah siap untuk mempublikasikan hasil karya mahasiswa tersebut? Sementara telah kita ketahui sendiri bahwa tidak semua mahasiswa memiliki minat dalam hal akademisi bidang kepenulisan. Lebih pentingnya lagi, sampai saat ini masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui gambaran dari jurnal ilmiah yang nantinya harus mereka persiapkan sebagai syarat kelulusan S1, S2, maupun S3-nya. Khususnya bagi mahasiswa S1 yang masih menganggap jurnal ilmiah sebagai hal asing yang belum banyak mereka gunakan dalam mengikuti perkuliahan.

Pembicaraan mengenai jurnal ilmiah pun tidak hanya menjadi sorotan dalam setiap pertemuan. Namun, dari berbagai jejaring sosial banyak mahasiswa yang membicarakan tentang ketidaksiapan mereka untuk memproduksi jurnal ilmiah seperti yang diinginkan oleh pemerintah. Tidak hanya itu, mahasiswa juga belum memahami alur yang harus ditempuh untuk dapat menerbitkan makalah ke dalam jurnal ilmiah.

2 komentar:

Poskan Komentar