Cinta Bhinneka Tunggal Ika

♠ Posted by Aryni Ayu in at 22.15

Cinta Bhinneka Tunggal Ika

Padahal jika bangsa ini mau menoleh lagi pada kesaktian Bhinneka Tunggal Ika, yang isinya mengkultuskan “keberbedaan sebagai perekat, yang patut ‘saling menghargai’ dan ‘menghormati’, maka Indonesia akan benar - benar merdeka.
 
            Indonesia, memang kehadiran namanya sejak Proklamasi Kemerdekaan disuarakan keras – keras tertanggal 17 Agustus 1945 telah resmi menjadi sebuah negara hunian ‘masyarakat Indonesia’. Tak ayal segala lapisan masyarakat kemudian bersorak – sorai menyambut, tanda bahwa kolonial tak pernah lagi berpijak di bumi pertiwi. Ironisnya, selama beberapa kepemimpinan hingga hari ini, “merdeka” – nya Indonesia tercederai oleh konflik sosial yang tak perlu. 

Ingatkan kata seorang Mulder bahwa kemerdekaan bagi negara – negara di dunia ketiga hanyalah membawa domain kekuasaan ‘bos putih’ ke ‘bos coklat’. Pahamlah seharusnya, pendapat tersebut cukup terbukti ampuh ketika melihat ‘lagak’ elit – elit saat ini, lupa akan ‘isi’ kemerdekaan Indonesia. Padahal jika bangsa ini mau menoleh lagi pada kesaktian Bhinneka Tunggal Ika, yang isinya mengkultuskan “keberbedaan sebagai perekat, yang patut ‘saling menghargai’ dan ‘menghormati’, maka Indonesia akan benar - benar merdeka.

Tanpa anak muda, tak ada kemerdekaan. Sebagai seorang intelektual yang dimiliki bumi pertiwi, kita tak boleh diam. Implementasi sederhana misal, berpartisipasi dalam lomba – lomba 17 agustus-an yang selalu diadakan masyarakat diberbagai penjuru daerah di Indonesia. Tak peduli warna kulit, suku, ataupun agama di sekitar kita. Atau mahasiswa yang saling menghargai perbedaan pendapat, cukup menjadi bukti bahwa cinta kepada Bhinneka Tunggal Ika membuat Indonesia Merdeka menjadi lebih Merdeka. Semangat Indonesiaku!

0 komentar:

Poskan Komentar