Nutrisi yang Cocok Saat Sedih, Bosan, Lelah dan Sensitif

♠ Posted by Aryni Ayu in at 06.04
Perubahan suasana hati alias moodsangat mempengaruhi aktivitas sehari-hari, terlebih lagi bagi wanita. Untuk mengatasi perubahanmood tersebut, makanan dengan nutrisi sehat dan tepat menjadi salah satu solusinya.

berikut beberapa nutrisi yang tepat untuk mengatasi suasana hati:

1. Nutrisi saat sedang sedih
Ketika Anda sedang sedih, cobalah mengonsumsi makanan ringan yang rendah protein, rendah lemak tapi tinggi karbohidrat.

Alasannya karena ketika makanan tinggi karbohidrat tidak terhambat oleh protein atau lemak, maka asam amino triptophan akan meningkat di otak dan berubah menjadi serotonin, yaitu neurotransmiter yang menstimulasi suasana hati dan membatasi keinginan makan (carving).

Contohnya, popcorn, havermut polos dengan sedikit susu dan madu, serta bagel (sejenis donat) dengan irisan pisang.

2. Nutrisi saat sedang depresi
Perasaan terharu dan depresi bisa diredakan makanan yang kaya dengan omega-3, yang banyak ditemukan dalam lemak sehat yaitu lemak ikan, seperti salmon, herring dan tuna.

3. Nutrisi saat sedang bosan
Saat bosan, secangkir kopi dapat merangsang sistem saraf untuk tetap waspada dan lebih mudah berkonsentrasi. Namun, jangan membiasakan diri bergantung dengan kafein. Batasi diri untuk tidak mengonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir (5 ons) sehari.

4. Nutrisi saat sedang sensitif atau mudah tersinggung
Ketika Anda sedang mudah tersinggung, seperti pada wanita yang sedang mengalami PMS (pre-menstruasi syndrome), cobalah makan dengan tidak lebih dari 5000 kalori dan mengandung lebih banyak mineral tembaga.

Contoh diet kaya tembaga antara lain ayam, pisang dan alpukat.

5. Nutrisi saat sedang kelelahan berat
Orang yang mudah merasa lelah sangat mungkin mengalami kekurangan zat besi atau anemia. Anemia adalah kekurangan gizi yang paling umum di dunia dan sangat umum di kalangan wanita usia subur.

Orang yang mengalami kondisi kelelahan sebaiknya banyak makan makanan yang kaya zat besi, seperti kacang, biji-bijian dan sayur-sayuran. Selain itu, zat besi juga banyak terkandung dalam udang, ikan, ayam tanpa kulit atau daging kalkun

0 komentar:

Poskan Komentar