History Project

♠ Posted by Aryni Ayu in at 21.03


Untuk mengisi liburan semester kali ini..”I have a dream”, saya ingin sekali bisa membuat sesuatu yang special untuk sebuah Ilmu Sejarah. Why? One reason, Because I love History,don’t you? Apakah Anda juga? Inilah yang akan menjadi bahan kajian saya. Banyak orang – orang di dunia ini yang masih menaruh perhatian besar kepada bidang ilmu sejarah, namun banyak juga yang menyepelekannya. “Masa lalu kok dikenang!”, “Masa lalu tu bulsyit, udah cari cowo lain ja!, “Kira – kira pahlawan kita siapa aja ya? Britney spears, M.J?atau Justin Bieber?”(Uppz..), Pangeran Diponegoro matinya kapan ya?”, Trus Lagu Indonesia Raya tu gimana ya bunyinya? kayaknya pernah denger deh!” Yah, itulah sederet pertanyaan dan statement mengerikan sekaligus menggelikan yang bisa kita dengar dari para kaula muda, padahal yah, saya juga termasuk kaum muda. Tapi agak apatis dan Idealis sih, karena saya kagak mau ngikutin jejak mereka. Lupa ama nasionalisme, sejarah dan mau – maunya tergerus gitu aja ama globalisasi. I hope they just have a FILTER to handle that shit. Seharusnya mereka bisa memfilter, dan mengontrol semuanya, jangan sampai kita lupa ama Indonesia, apalagi sejarahnya, rugi tau!
Toh setiap orang tidak mungkin bisa membunuh sejarahnya sendiri. Sudahlah, saya juga tidak mau menyalahkan orang – orang yang sudah terlanjur kontra sama yang namanya SEJARAH. Memang saya mengakui sendiri, I Swear that History is impossible to go out from a subjectivity. Sejarah memang tak mungkin lepas dari ke-Subjektivitas-an penulisnya. Sejarawan Amerika, Indonesia, bahkan Sang Penulis Kemegahan Yunani dan Romawi pun yakni Herodotus, semuanya tak lepas dari subjektivitasnya dalam menuliskan sesuatu. Mengapa? karena satu hal, ilmu sejarah adalah ilmu kemanusiaan, jadi wajar – wajar saja jika disana ada kata – kata yang cenderung memihak suatu bangsa, ras, ataupun agama, sehingga menyebabkan banyaknya kesimpangsiuran informasi tentang sejarah, dan tak jarang berbeda antara buku satu dengan yang lainnya. Ya itulah Sejarah! Penuh dengan misteri, adalah tugas kita sebagai kaum muda yang provokatif proaktif untuk segera memecahkannya. Dan ditulisan – tulisan ini, saya ingin mencoba menunjukkan betapa istimewanya, serta seberapa pentingnya peristiwa – peristiwa di masa lalu yang seharusnya patut kita cermati kembali. Tentu tidak semata – mata hanya mengistimewakan Sejarah, tapi juga memaknainya sebagai katalis agar bangsa kita tidak terjerumus kedalam Imperialisme Modern.
Banyak para generasi Indonesia yang ingin negaranya menjadi negara maju dan tetap memegang teguh nilai – nilai tradisional layaknya negara Jepang saat bermetamorfosa dalam Restoraisi Meiji. Jadi tunggu apa lagi, ambil makanan, music dan segala kesukaan Anda, lalu cermatilah tulisan saya.

0 komentar:

Poskan Komentar